Cara Membuat Blog di Blogspot dan WordPress


Cara Membuat Blog di Blogspot dan WordPress
Cara Membuat Blog di Blogspot dan WordPress itu sangat mudah, semudah membuat email atau akun media sosial.

Pengertian Blog

Blog dikenal sebagai halaman website pribadi (personal web page).  Menurut Wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log. Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

Sejak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.

Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere.

Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Cara Membuat Blog

Blogspot dengan alamat www.bogger.com adalah platform atau situs penyedia pembuatan blog gratis milik Google dengan domain blogspot.com atau blogspot.co.id.

Alamat blog kita nantinya menjadi --misalnya-- ahmadfulan.blogspot.co.id. Kita bisa mengubahnya menjadi nama domain tanpa blogspot dengan cara Custom Domain.

Blog juga bisa dibuat dengan platform WordPress dengan alamat domain berakhiran wordpress.com, misalnya ahmadfulan.wordpress.com.

Cara Membuat Blog di Blogger/Blogspot

Cara Membuat Akun Blogger - Tips Membuat Blog bagi Pemula. Berikut ini langkah membuat akun blogger sekaligus membuat blog di blogspot milik Google. Gratis.

Dengan langkah berikut ini, Anda juga sekaligus membuat akun email Google Mail (Gmail) yang terintegrasi dengan Youtube, Google Plus, AdSense, Webmaster Tools, Google Analytic, dan sebagainya.

Membuat blog atau blogging di Blogger lebih banyak keuntungannya dibandingkan membuat blog di platform lain seperti Wordpress atau Tumblr. Salah satunya adalah memudahkan daftar menjadi publisher atau penayang iklan Google (AdSense) yang membuat kita menghasilkan uang dari ngeblog.

Cara Membuat Akun Blogger - Tips Membuat Blog bagi Pemula

1. Buka Create Google Account

Akan terbuka halaman seperti ini. Gunakan setelan bahasa Inggris agar memudahkan mengikuti panduan membuat akun blogger sekaligus membuat blog ini.
  • Isi Name dengan nama Anda. Misalnya: Ahmad | Fulan. Penulisan nama di sini normal, artinya huruf pertama kapital (huruf besar) dan lainnya kecil.
  • Isi alamat username yang akan menjadi alamat email Gmail dengan huruf kecil semua dan disambung. Misalnya, ahmadfulan, nanti jadinya ahmadfulan@gmail.com
  • Isi kolom password dan seterusnya.
  • Jika sudah selesai mengisi semuanya, klik Next Step

Tips Membuat Blog bagi Pemula

2. Klik Next dan seterusnya hingga muncul menu Create a new blog.

3. Klik Create a New Blog dan akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Tips Membuat Blog bagi Pemula
  • Isi kolom Title dengan nama blog Anda, misalnya Ahmad Fulan atau Blogger Pedia, sebagaimana nama website atau nama situs. Gunakan huruf kapital untuk huruf pertama
  • Isi kolom Address dengan nama blog Anda tadi, menggunakan huruf kecil semua, misalnya ahmadfulan, sehingga menjadi ahmadfulan.blogspot.com
  • Address itulah nama domain atau alamat blog Anda. Buat seringkas mungkin, mudah diingat, dan sesuai atau selaras dengan nama yang diisikan di Title.
  • Klik Template/Theme Simple sepeti dalam gambar
  • Klik Create blog.

4. Selamat! Blog Anda sudah jadi. Kini saatnya menulis posting atau konten pertama.
  • Klik New post

Tips Membuat Blog bagi Pemula
 
Cara Membuat Tulisan di Blog - Posting Pertama

 5. Setelah New post diklik, akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Tips Membuat Blog bagi Pemula
 
  • Isi kolom pertama dengan Judul Tulisan. 
  • Isi kolom kedua, yang besar itu, dengan Isi Tulisan. Disarankan, maksimal lima baris per alinea dan ada jarak antar-alinea (gunakan spasi).
  • Disarankan, posting pertama berupa Artikel Dasar (Basic Article).

6. Jika sudah selesai menulis, sisipkan atau masukkan gambar/foto, agar tulisan lebih menarik dan lebih ramah mesin pencari (SEO Friendly).

Tips Membuat Blog bagi Pemula
  • Arahkan cursor mouse tepat di depan kata pertama tulisan. Dalam contoh di bawah ini, klik di depan kata Lorem. Ini agar foto muncul di bagian atas tulisan. 
  • Klik icon "insert image" (masukkan gambar) seperti dalam gambar di bawah ini.

7. Pilih gambar.

Setelah diklik icon gambar tadi, maka Anda akan dibawa ke folder tempat penyimpanan foto di komputer Anda.

Sebaiknya, siapkan foto dengan ukuran maksimal 600x600 pixel, agar tampilan blog cepat (fast loading).

  • Pastikan nama file gambar/foto sesuai dengan fotonya, misalnya: tahu-bulat.jpg atau gorengan.jpg
  • Klik gambar yang akan dimasukkan, klik Open.
  • Gambar Anda sudah masuk ke posting.
  • Klik lagi gambar SEKALI. Akan muncul di bawahnya banyak lini tulisan/menu, klik "left" dan "properties".
  • Isi Title Text dan Alt Text sesuai dengan nama gambar dan judul tulisan.
Demikian, sekian dulu  Cara Membuat Akun Blogger - Tips Membuat Blog bagi Pemula. To be continued...!

Sumber Gambar: Help Logger

Post a Comment

0 Comments